Awalnya printer HP Deskjet Ink Advantage 2545 ini tidak pernah digunakan, alias sudah lama tersimpan di gudang, sebelum disimpan memang dalam keadaan tidak rusak, namun setelah kali ini Teknisi Komputer Denpasar diminta tolong untuk mengecek, dan ternyata printer tidak bisa digunakan sama sekali. Indikasi awalnya posisi dudukan cartridge tidak mau kembali ke posisi tengah sehingga tidak bisa dibuka maupun dipasang cartridge baru.





Teknisi Komputer Denpasar mulai beraksi dengan mematikan printer HP Deskjet Ink Advantage 2545, kemudian menggeser secara manual dudukan cartridge ke posisi tengah sehingga bisa dengan mudah melepaskan cartridge yang sudah lama terpasang dan menggantinya dengan cartridge yang baru. Hasilnya mau tau bro/bray ? ternyata printer benar bermasalah. Perlu pembaca ketahui bahwa ketika printer ini dihidupkan, tidak berselang lama mati dengan sendirinya.

Langkah berikutnya diambil adalah harus membongkar printer HP 2545 ini agar bisa membersihkan bagian dalam printer, ini karena TKD memperkirakan karena terlalu lama disimpan sehingga timbul karat dan kotoran masuk ke bagian dalam printer. Setelah dibongkar ternyata cukup banyak kotoran di sana, semua kotoran dibersihkan pada bagian dalam printer HP tersebut.

Setelah selesai dibersihkan, giliran untuk melakukan test print, cukup berhasil karena untuk melakukan pencetakan dari printer memang sudah berhasil, lalu kenapa dikatakan cukup berhasil padahal sudah bisa print. Persoalannya printer jenis ini tidak hanya digunakan untuk mencetak tapi juga untuk scanner dan foto copy, nah foto copy tidak bisa digunakan meski untuk mencetak sudah bisa. Lalu bagaimana solusinya? baca terus paragraf berikut ini.

TKD kembali bongkar dan bagian yang dibongkar adalah bagian scannernya, setelah dibongkar scannernya ternyata bagian dalam scanner tidak kalah kotornya dengan bagian pertama yng sudah dibersihkan. Dan ternyata gir penggerak mesin copy/scanner lengket dan tak bisa dipisahkan jd harus diganti. Kebetulan ada printer konsumen lain yg sudah lama menginap entah sudah berapa tahun dikanibal, diambil girnya untuk dipasangkan pada printer HP Deskjet Ink Advantage 2545 dan berhasil. Lalu bagaimana cara bongkar printer HP Deskjet Ink Advantage ? berikut adalah videonya


Demikian artikel kita kali ini tentang bagaimana cara membongkar casing, membongkar scanner untuk printer HP Deskjet Ink Advantage 2545 dari Teknisi Komputer Denpasar. Semoga berguna

1 Comments

  1. Kalau yang colour nggak terdetect gimana cara perbaikannya

    ReplyDelete

Post a Comment