Wednesday, January 11, 2017

Cara Memperbaiki Windows Has Recovered From An Unexpected Shutdown

Cara Memperbaiki Windows Has Recovered From An Unexpected Shutdown

Komputer sering restart sendiri dengan tiba-tiba? dan ketika setelah restart, pada desktop muncul pesan Windows Has Recovered From An Unexpected Shutdown? seperti pada gambar di bawah ini, bila demikian maka anda sudah tepat membaca artikel ini untuk mendapatkan solusi agar komputer anda tidak restart lagi.



Teknisi Komputer Denpasar (TKD), memiliki dua cara untuk mengatasi masalah komputer restart ini, anda bisa mencoba keduanya atau anda bisa saja langsung ke solusi kedua, namun untuk melakukan solusi/metode yang kedua anda harus berdiri dari tempat duduk anda yang empuk :)

CARA MENGATASI WINDOWS RESTART TIBA-TIBA


Solusi 1. Mengubah MsConfig dan Melakukan RFC SCAN


a. Klik Start - ketik MSCONFIG - tekan ENTER
b. Pada tab General, silahkan pilih Selective Startup dan berikan centang pada Load system services lihat gambar di bawah




c. Pada tab Startup, silahkan klik Disable All dan klik OK sehingga muncul pesan yang menyampaikan bahwa anda harus melakukan restart komputer agar efek perubahan yang dilakukan dapat berjalan, pada saat ini anda tidak perlu klik Restart akan tetapi klik pada Exit Without Restart, dan lanjutkan ke langkah ke d.




 
d. Klik Start - ketik CMD - maka akan muncul program CMD di atasnya - klik kanan pada CMD dan pilih Run As Administrator

 

e. Ketik sfc /scannow dan tunggu hingga proses selesai
f. Ketik exit dan ENTER
g. Lakukan restart komputer anda



Itulah solusi pertama untuk mengatasi komputer sering restart tiba-tiba. Apabila pada solusi pertama di atas anda belum juga memperbaiki komputer anda yang sering restart tersebut maka sebaiknya anda coba solusi kedua untuk membuat komputer anda menjadi tidak restart lagi.

Solusi 2. Mengembalikan BIOS Pada Settingan Pabrik


BIOS memuat system dasar komputer dan disetting pada awal pabrikan termasuk didalamnya adalah pengaturan tanggal dan jam. Agar pengaturan BIOS kembali pada pengaturan/settingan pabrik maka kita perlu mereset BIOS. Berikut adalah langkah mereset BIOS agar memperbaiki komputer anda yang sering restart.

Mereset BIOS
a. Gunakan obeng untuk membuka casing CPU
b. Perhatikan pada bagian batery BIOS, disitu terdapat jumper yang bisa digunakan untuk mereset BIOS, namun bila anda mengalami kesulitan menemukan jumper untuk reset BIOS sebaiknya anda lanjut ke langkah berikut
c. Lepaskan batery dari tempatnya untuk beberapa menit
d. pasang kembali batery BIOSnya dan hidupkan komputer
e. Masuk ke bios dan sesuaikan tanggal dan jam pada saat ini
f. Simpan perubahan settingan BIOS dan keluar dari Menu bios dan restart komputer anda.

Itulah kedua solusi mengatasi komputer yang sering restart tiba-tiba, namun apabila ketika masuk pada Windows dan masih juga muncul Windows Has Recovered From An Unexpected Shutdown, maka lakukan sekali lagi restart komputer anda. Komputer anda akan terbebas dari restart secara tiba-tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Bagi yang berada di sekitaran kota Denpasar, Tabanan, Gianyar, Kuta, Nusa Dua bisa menghubungi Teknisi Komputer Denpasar.

0 comments:

Post a Comment