Cara Reset Printer Epson L210 - Sekitar jam 20.00  semalam, Teknisi Komputer Denpasar menerima telpon dari sebuah hotel di bilangan Sanur - Denpasar Bali. Dibalik telpon seorang pegawai front office menyampaikan persoalan bahwa printernya tidak bisa digunakan untuk mencetak. Oleh karena printer sangat penting manfaatnya sehingga Teknisi Komputer Denpasar (TKD) di minta untuk bisa segera membantu memperbaiki printer saat itu juga. Kebetulan memang TKD menerima panggilan perbaikan komputer di wilayah Denpasar hingga pukul 22.00 malam, sehingga saat itu juga TKD meluncur ke TKP.


Setiba di TKP dan melakukan pengecekan awal terhadap printer Epson L210 dengan cara mencoba melakukan print test, ketika itu muncul pesan "A printer's ink pad is at the end of its service life, please contact Epson support" seperti pada gambar di bawah ini


Kenapa pesan ini bisa muncul ? pesan ini muncul karena printer rata-rata memiliki teknologi penghitung/pencatat (counter), bilamana counter itu telah mencapai batas maksimum maka printer akan ditandai dengan lampu berkedip dan pesan akan muncul di monitor seperti di atas.

Solusi Mengatasi Error Printer Epson L210

Yang harus dipersiapkan adalah sebuah software resetter untuk printer Epson L210, bagi anda yang belum memiliki software resetter Epson L210 silahkan browsing di internet dan download. Setelah anda download, mungkin saja hasil download masih dalam bentuk zip file, silahkan extrak terlebih dahulu, setelah itu hidupkan printer selanjutnya jalankan tool/software resetter printer Epson L210. Setelah menjalankan tools resetter tersebut silahkan ikuti langkah berikut

1. Klik Select
2. Silahkan pilih tipe printer yang sesuai, silahkan pilih L210
3. Pada pilihan Port biarkan Auto Selection
4. Klik OK
5. Klik Particular Adjustment Mode
6. Silahkan pilih Waste Ink Pad Counter
7. Beri tanda Centang/contreng pada tulisan Main Pad Counter
8. Klik Check
9. klik Initialization
10. Klik Finish

Nah dengan sepuluh langkah di atas anda sudah bisa memperbaiki printer Epson L210 anda yng sebelumnya tidak bisa digunakan untuk mencetak, namun perlu diingat bahwa printer yang telah selesai di reset harus di dihidupkan ulang (restart) terlebih dahulu.
Semoga artikel Cara Reset Printer Epson L210 dari Teknisi Komputer Denpasar ini bisa berguna bagi pembaca di manapun berada dan semoga bermanfaat.

Komentar