Install Sony Vaio VGN-C13G Dari Flash Disk - Awalnya TKD berpikir bahwa cara Install Windows 7 pada Sony Vaio VGN-C13G sama saja dengan laptop merek lainnya. Namun meski telah berulang kali mengubah setelan first boot dari flash disk di Bios Setting, tetap saja laptop membaca boot lama yaitu Windows XP SP3 yang sebelumnya emang sudah ada di hard disk.



Cara boot dari flash disk untuk Sony Vaio VGN-C13G

Awalnya seorang konsumen Teknisi Komputer Denpasar (TKD) meminta TKD untuk melakukan upgrade OS dari Windows XP ke Windows 7 Ultimate. Oleh karena Windows bootable sudah tersedia dalam flash disk, maka dicobalah untuk installasi Windows 7 dari flash disk, namun settingan di bios tidak merubah boot ke flash disk meski posisi first boot sudah disetting untuk flash disk.

Setelah gagal mencoba install dari flash disk, karena ada DVD driver pada laptop Sony Vaio VGN-C13G ini maka, TKD mencoba menginstall melalui DVD driver, namun tak disangka dan tak diduga sebelumnya DVD drive tidak bisa digunakan, jadi jalan satu-satunya harus install menggunakan flash disk atau menggunakan DVD external. Maklum DVD external sudah rusak jadi satu-satunya cara adalah install dari flash disk.

TKD kembali masuk setting BIOS untuk memastikan agar bisa booting dari flash disk, dan ternyata ada satu settingan yang harus dilakukan agar laptop Sony ini bisa booting dari flash disk yaitu mengeluarkan harddisk dari menu boot priority order dengan menekan tombol X (eks) pada keyboard, dengan demikian ketika komputer melakukan POST harddisk tidak termasuk didalam media untuk boot. 

Coba perhatikan gambar pertama di bawah ini, Internal Hard Disk Drive masih berada pada Boot priority order, sedangkan pada gambar kedua di bawah ini, Internal Hard Disk Drive sudah berpindah dari Boot priority order ke Excluded From Boot Order. Untuk memindahkan Harddisk dari Boot priority ke Excluded from boot priority cukup menekan tombol X.

Cara boot dari flash disk untuk Sony Vaio VGN-C13G

 Cara boot dari flash disk untuk Sony Vaio VGN-C13G

Dengan mengeluarkan harddisk dari boota priority order, maka boot melalui flash disk bisa dilakukan, dan selanjutnya silahkan installasi seperti biasa hingga selesai. Setelah selesai proses installasinya, jangan lupa kembalikan hard disk ke dalam boot priority order ya agar Windows 7 yang sudah terinstall bisa berjalan normal. Semoga pengalaman TKD mengatasi laptop Sony Vaio VGN-C13G ini berguna bagi pengunjung Teknisi Komputer Denpasar.

3 Comments

  1. manteb om, udah 3 jam gonta ganti media boot g bisa juga
    akhirnya bisa juga setalh baca tutor ini
    thx om

    ReplyDelete
  2. Maaf, Cara mngembalikan hard disk ke dalam boot priority order bagaimana?

    ReplyDelete

Post a Comment