Mengatasi Harddisk External Unformated - Harddisk external Toshiba 500 GB tiba-tiba saja muncul pesan Harddisk Unformated, padahal sebelumnya tidak ada perintah unformat hard disk. Begitulah awal mulahnya muncul persoalan rusaknya harddisk eksternal Toshiba 500GB. Masalah  HDD rusak sih tidak begitu menjadi persoalan karena bisa saja beli hard disk yang baru karena banyak tersedia di pasaran. Yang menjadi persoalan adalah file-file penting yang ada didalam harddisk yang rusak tersebut.


Ada beberapa tempat yang memang menyediakan jasa penyelamatan data untuk hard disk rusak, tidak terbaca, error, bad sector. Namun biaya untuk menyelamatkan data tidaklah murah, jutaan rupiah harus dikeluarkan untuk mendapatkan kembali file-file yang ada didalam HDD yang rusak tersebut. Biaya untuk membeli hard disk baru akan lebih murah dibandingkan dengan mengembalikan data yang ada dalam harddisk rusak. Oleh karena mahalnya biaya penyelamatan data dalam HDD yang rusak, maka Teknisi Komputer Denpasar memberikan solusi awal penyelamatan data pada HDD rusak khususnya terdapat pesan Hard Drive Unformated.

CARA RECOVERY DATA HARDDISK UNFORMATED

Cara untuk mengembalikan data yang ada di dalam Hard Disk yang rusak khususnya terdapat pesan Hard Disk Unformated atau Hard Drive Unformated, maka solusinya ikuti langkah berikut ini untuk menyelamatkan data.

1. Hubungkan HDD external ke komputer
2. Gunakan software utility GetDataBack, yang belum punya softwarenya silahkan download di runtime.org
3. Jalankan GetDataBack (bisa gunakan NTFS atau FAT)
4. Pilih I Don't Know, Use Default Settings dan klik Next
5. Pada available drive, pilih harddisk yang bermasalah/rusak (misalnya drive E) dan klik Next
6. Klik Next dan Next lagi

Kemudian setelah software GetDataBack menemukan semua file yang ada didalam harddisk yang rusak, silahkan pilih file-file yang akan dikembalikan kemudian klik kanan dan pilih Copy dan pastekan di hard disk yang baik.

Setelah modus penyelamatan data melalui GetDataBack, selanjutnya kita perlu memperbaiki harddisk yang rusak tersebut "HDD Unformated".

CARA MEMPERBAIKI HARDDISK RUSAK BAD SECTOR

Setelah membackup data pada harddisk rusak, Teknisi Komputer Denpasar mencoba mengecek kondisi harddisk yang unformated tersebut menggunakan sotware HD Tune. Dengan HD Tune, TKD menemukan track pertama berwarna merah yang berarti harddisk tersebut rusak pada track pertama sehingga tidak terbaca oleh windows dan dikatakan unformated. Langkah berikut adalah menghilangkan Bad Sector tersebut agar harddisk dapat digunakan kembali.

1. Jalankan Windows Explorer
2. Klik kanan pada drive untuk HDD rusak dan pilih Properties
3. Klik tab Tools
4. Pada bagian Error Checking, klik Check Now

Solusi Harddisk Error Unformated


5. Berikan tanda centang pada tulisan Automatically Fix File System Errors dan Scan For and Attempt Recovery of Bad Sector

Solusi Harddisk Error Unformated

6. Klik Start

Tunggu hingga proses pengecekan harddisk yang rusak selesai, dan coba cek kembali harddisk tersebut dengan HD Tune ato software lainnya. Kalau tidak yakin dengan hasilnya coba diformat saja Harddisk yang baru saja anda selamatkan, kemudian coba menyimpan kembali file-file di harddisk tersebut.
Apabaila dengan langkah penyelamatan data dan Harddisk di atas gagal, maka kemungkinan besar Harddisk tersebut rusak parah sehingga diperlukan jasa penyelamatan data anda. Silahkan menghubungi jasa penyelamatan data untuk mendapatkan kembali semua data penting anda.

Tips dari Teknisi Komputer Denpasar, "Jangan membackup data hanya pada satu media penyimpan data, melainkan backuplah data di beberapa media sekaligus untuk menjaga kemungkinan rusaknya media penyimpanan data". Semoga bermanfaat.

Komentar