Mengirim Pesan Net Send di Windows XP - Bagi sobat yang menggunakan Windows versi terbaru seperti Windows 7 dan Windows 8, sudah tidak membutuhkan lagi setting tertentu untuk bisa dapat saling mengirim pesan Net Send dari Windows karena settingannya memang sudah automatic, namun perintah pesannya berbeda dengan perintah pesan pada Windows XP. Pada Windows 7 pesan yang digunakan adalah MSG. Bagi sobat yang menggunakan Windows XP berikut ini Teknisi Komputer Denpasar menyajikan untuk anda tentang cara mengirim pesan Net Send melalui command prompt.


Langkah pertama yang harus dilakukan agar komputer yang terpasang pada jaringan LAN bisa dapat saling bertukar informasi seperti mengirim pesan singkat Net Send adalah setting servicenya agar Net Send dapat digunakan pada Windows XP. Berikut Cara setting agar perintah DOS Net Send dapat digunakan.

  1. Klik Start - Run
  2. Ketik services.msc dan tekan Enter
  3. Cari service Messaging dan doble click
  4. Ubah status service yang Disable menjadi Automatic
  5. Klik Apply
  6. Klik Start
  7. Tutup jendela Services
Setelah melakukan setting pada komputer anda, selanjutnya lakukan pula setting yang sama pada komputer target yang ada dalam satu jaringan. Komputer target yang dimaksud adalah komputer yang nantinya akan saling bertukar pesan Net Send, karena berdasarkan pengalaman Teknisi Komputer, apabila belum disetting servicenya maka komputer tersebut tidak dapat mengirim maupun menerima pesan Net Send.

Setelah setting semua komputer selesai, sekarang saatnya anda melakukan uji coba mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan LAN. Berikut adalah cara mengirim pesan Net Send.
  • Klik Start - Run
  • Ketik CMD dan Enter
  • Ketik Net Send * Selamat siang semuanya
  • Tekan Enter
keterangan :
Net Send = perintah mengirim pesan
* = Semua komputer dengan sistem operasi Windows XP yang ada pada jaringan tersebut
Selamat siang semuanya = pesan yang dikirimkan

Cara Kirim Pesan Net Send di Windows


Dengan mengirim pesan di atas, maka pesan tersebut akan muncul di semua komputer dengan sistem operasi Windows XP dan berada dalam jaringan yang sama. Pesan tersebut tidak muncul di komputer dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 karena perintah pesannya berbeda dengan perintah pesan pada Windows XP. Anda bisa juga mencoba cara mengirim pesan seperti berikut ini.
  • Ketik Net Send 192.168.1.123 tolong bawakan laporan bulan lalu
  • Tekan Enter
Dengan mengetik pesan di atas, berarti bahwa anda hanya mengirim pesan kepada satu komputer tujua. Berbeda dengan perintah pertama di atas yang dikirim ke banyak komputer, sedangkan pada pesan yang kedua ini, hanya satu tujuan komputer yaitu komputer dengan alamat IP = 192.168.1.123. Selain menggunakan alamat IP anda juga menggantinya dengan nama komputer tujuan, misalnya IP = 192.168.1.123 dengan nama komputer PC-TEKNISI maka perintah mengirim pesan dapat ditulis sebagai berikut
  • Net Send pc-teknisi tolong bawakan laporan bulan lalu
Kesimpulannya bahwa seandainya mengirim pesan Net Send kepada semua pengguna komputer dalam jaringan yang sama, maka gunakan tanda * (asterik), sedangkan untuk mengirim per orang harus menggunakan nama komputer atau alamat ip komputer. Untuk mengetahui nama komputer yang ada dalam jaringan, silahkan gunakan perintah NET VIEW. Setelah menemukan nama komputer yang ada dalam jaringan, anda dapat mengetahui alamat ip komputer tersebut dengan perintah PING.

Demikian penjelasan cara mengirim pesan Net Send pada Windows XP, dan untuk Windows 7 anda hanya mengubah perintah Net Send menjadi MSG.

1 Comments

  1. Saya coba di win 8 selalu muncul does not exist or is dsconnected dimana salah nya gan?

    ReplyDelete

Post a Comment