Cara mudah memperbaiki printer tidak bisa cetak. Cara perbaikan printer ini adlah cara yang temudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan keahlian khusus, seperti seorang teknisi printer atau teknisi komputer. Yang dapat anda lakukan adalah hanya mengoreksi apakah semua yang berhubungan printer sudah sesuai atau ada yang bermasalah. Untuk memperbaiki printer bermasalah ringan seperti ini silahkan ikuti beberapa tips berikut ini.

Apabila printer sudah dalam keadaan hidup (ON) begitu juga printer, namun printer tidak dapat mencetak ke kertas, ikuti langkah berikut untuk mengatasinya sendiri tanpa harus menunggu teknisi printer.


1. Cek installasi driver printer. Driver printer sangat penting, karena sebagai software yang mampu mengontrol dan menggerakan printer. Cek apakah driver sudah terinstall dengan baik atau tidak, silahkan cek pada Device Manager. Apabila pada Device Manager ada tanda seru maupun tanda tanya, maka driver printer belum terinstall dengan baik. Solusinya, lakukan installasi ulang driver printer.

2. Cek Kabel data printer. Kalau anda menggunakan printer model lama dan dot matrix kabael data yang digunakan adalah kabel data paralel, sedangkan printer keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah menggunakan kabel data USB. Cek koneksi kabel secara cermat, apakah sudah terpasang dengan benar, ataukah kemungkinan kabelnya kurang masuk ke posisi sesungguhnya. Cek di kedua bagian yaitu di bagian printer dan juga di bagian CPU, keduanya harus terpasang dengan baik dan tepat pada dudukannya.

3. Cek Status Printer. Status printer menyatakan keadaan printer saat itu, apakah statusnya Ready, Offline atau Paused. Printer siap digunakan untuk mencetak apabila dalam keadaan Ready. Jadi apabila status printer Paused atau Offline, segerahlah mengubah status tersebut menjadi Ready. Untuk mengubah status printer, silahkan lihat dalam menu Printer.

Demikian cara paling mudah memperbaiki printer yang rusak tidak bisa mencetak meski indikator lampu dalam keadaan normal. Semoga artikel Teknisi Komputer ini bermanfaat bagi para pengguna printer.

Komentar